PERBEDAAN NOTARIS DAN ADVOKAT

Sebagian masyarakat kita masih ada yang kesulitan membedakan antara Notaris dengan Advokat. Masih ada anggapan bahwa Notaris dan Advokat memiliki tugas yang sama, hal ini terlihat dari masih adanya masyarakat yang datang ke Notaris untuk membantu mendampingi penyelesaian perkaranya di pengadilan.

Mari sama-sama kita lihat beberapa perbedaan antara Notaris dan Advokat :

1. Dasar hukum :

Notaris    : Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 : tentang Jabatan Notaris (UUJN).

Advokat  :  Undang-undang Nomor 18 tahun 2003 : tentang Advokat (UU Advokat).

2. Definisi :

Notaris    : Pasal 1 UUJN : Notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan lainnya sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.

Advokat  :  Pasal 1 UU Advokat : Advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan Undang-Undang ini.

3. Tugas/Wewenang :

Notaris    :  Pasal 15 UUJN : Notaris berwenang membuat akta otentik mengenai semua perbuatan,perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundangundangan dan/atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik, menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, menyimpan akta, memberikan grosse, salinan dan kutipan akta.

Advokat  :  Pasal 1 UU Advokat : memberikan Jasa Hukum adalah jasa yang diberikan Advokat berupa memberikan konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela, dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum klien.

4. Keberpihakan :

Notaris    :  Pasal 16 UUJN : Dalam menjalankan jabatannya, Notaris berkewajiban, bertindak jujur, saksama, mandiri, tidak berpihak, dan menjaga kepentingan pihak yang terkait dalam perbuatan hukum;

Advokat  :  Pasal 1 UU Advokat : memberikan Jasa Hukum adalah jasa yang diberikan Advokat berupa memberikan konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela, dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum klien.

Perbedaan utama antara Notaris dan Advokat adalah pada keberpihakan. Notaris tidak boleh untuk berpihak kepada salah satu pihak, Notaris harus bersikap netral. Sedangkan Advokat bertugas untuk mendampingi kepentingan kliennya atau salah satu pihak saja.

Tugas Advokat tersebut tercermin dari arti kata Advokat. Kata Advokat berasal dari bahasa latin advocare yang berarti membela. Profesi Advokat lahir sebagai bentuk penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia, karena setiap orang yang bermasalah dengan hukum hingga dituntut ke pengadilan berhak untuk didampingi Advokat, dan tidak ada yang boleh menghalangi orang untuk didampingi Advokat saat dituntut dimuka hukum.

Jadi seorang Notaris hanya dapat memberikan nasihat hukum yang bersifat menghimbau, bukan membela, sehingga pihak-pihak yang berkepentingan terhindar dari permasalahan hukum dikemudian hari. Oleh karena itu Notaris berperan sebagai pencegah terjadinya permasalahan, sedangkan Advokat berperan sebagai pihak penyelesai masalah yang sedang menimpa klien mereka baik didalam maupun diluar pengadilan.

Namum kedua profesi tersebut adalah para pendekar hukum dimana mereka berjuang untuk mewujudkan kehidupan yang berkeadilan serta memastikan bahwa hukum selalu ditegakkan, melalui profesi mereka masing-masing.

Semoga hal ini bermanfaat bagi Anda.

Salam,

Muhamad Daniel

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Notaris. Tandai permalink.

Satu Balasan ke PERBEDAAN NOTARIS DAN ADVOKAT

  1. muhamad.daniel berkata:

    Notaris tidak boleh membuat Akta yg bertentangan dgn Peraturan Perundang-undangan.
    Terima kasih atas atensinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s